Pusdikkes

Pusat Pendidikan Kesehatan Kodiklat TNI AD

Bidang Pendidikan

   Sebagai Lembaga Pendidikan Pusdikkes TNI AD menyelenggarakan pendidikan bagi Perwira, Bintara maupun Tamtama yang merupaka program TNI AD maupun pendidikan titipan dari instansi lain.

A. Pendidikan Program.

Adalah pendidikan yang di programkan dari MABES TNI dan TNI AD yang meliputi pendidikan pembentukan, pendidikan pertama, pendidikan pengembangan umum, pendidikan pengembangan spesialisasi. Adapun jenis pendidikan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Pendidikan Pengembangan Umum

  • DIKLAPA II KESEHATAN ( Pendidikan Lanjutan Perwira ) merupakan pendidikan kecabangan kesehatan yang tertinggi dengan tujuan mengembangkan kemampuan Perwira Kesehatan TNI AD agar memiliki pengetahuan dan keterampilan jabatan Golongan VI, yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta jasmani yang samapta.

  • DIKLAPA I KESEHATAN ( Pendidikan Lanjutan Perwira ) merupakan pendidikan kecabangan kesehatan dengan tujuan mengembangkan kemampuan Perwira Kesehatan TNI AD agar memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, pengetahuan dan keterampilan militer umum dan staf gol VII serta kondisi jasmani yang samapta

  •  Pendidikan Pertama Tahap II Kecabangan

       Adalah pendidikan yang merupakan lanjutan dari pendidikan pertama tahap I TNI AD untuk Perwira Prajurit Karir, Bintara PK dan Tamtama PK.

  • Pendidikan Kecabangan Kesehatan ( DIksarcabkes ) abituren Dikmapa PK.

    Merupakan pendidikan yang bertujuan mengembangkan kemampuan siswa perwira TNI AD agar memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga, pengetahuan dan keterampilan dasar kecabangan kesehatan golongan Perwira serta jasmani yang samapta.

  • Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karir TNI AD. ( Dikmaba PK )

    Adalah Pendidikan untuk membentuk kemampuan siswa Bintara TNI AD agar memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit Sapta Marga, pengetahuan dan keterampilan sebagai bintara kesehatan serta jasmani yang samapta.

  • Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karir TNI AD. ( Dikmata PK )

    Merupakan pendidikan untuk membentuk kemampuan seswa Tamtama TNI AD agar memiliki sikap dan prilaku sebagai Prajurit Sapta Marga, pengetahuan dan keterampilan sebagai Tamtama kelompok Tandu di kecabangan Kesehatan serta jasmani yang samapta.

  1. Pendidikan Pembentukan

  • Pendidikan Dasar Kecabangan  Kesehatan (Diksarcabkes). Abituren Secapareg

    Adalah pendidikan untuk mengembangkan kemampuan siswa perwira TNI AD agar memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit SAPTA MARGA, pengetahuan dan keterampilan dasar kecabangan kesehatan golongan perwira serta jasmani yang samapta.

  • Pendidikan Pembentukan Bintara Tahap I (Diktukba tahap I)

    Merupakan pendidikan untuk membentuk kemampuan siswa calon Bintara untuk menjadi bintara TNI AD agar memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit Sapta Marga, pengetahuan dan keterampilan Bintara Kesehatan di Kecabangan Kesehatan serta jasmani yang samapta.

  • Pendidikan Pembentukan Bintara Tahap II (Diktukba Tahap II)

  1. Pendidikan Pengembangan Spesialisasi

     a.  Perwira.

           1)       Suspajemen Rumkit Madya

      Tujuan pendidikan ini adalah untuk     engembangkan kemampuan Perwira Siswa kesehatan TNI AD agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai manajer tingkat Madya rumah sakit yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta memiliki kondisi jasmani yang samapta

2)       Suspajemen Rumkit Pratama

         Tujuan pendidikan ini Mengembangkan kemampuan Perwira Siswa kesehatan TNI D, agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai manajer rumah sakit yang berjiwa Sapta Marga serta memiliki kondisi jasmani yang samapta

3)       Suspakesprevmil

      Tujuan pendidikan ini adalah mengembangkan kemampuan Perwira Siswa kesehatan TNI AD agar memiliki. Pengetahuan dan keterampilan sebagai Perwira Kesehatan Preventif militer yang berjiwa  sapta marga serta kondisi jasmani yang samapta

           4)       Suspajemenlogkes

            Tujuan pendidikan ini adalah mengembangkan     kemampuan     Perwira Siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang manajemen logistik kesehatan yang berjiwa Sapta Marga serta kondisi jasmani yang samapta

  • Tingkat Bintara
  1. Susjurbawatbedahlap

    Maksud dari pendidikan ini adalah mendidik dan mengembangkan kemampuan para Bintara Kesehatan TNI AD yang terpilih agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidang perawatan bedah lapangan.

  2. Susjurbawat Keslap

    pendidikan ini bermaksud untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi Bintara TNI AD yang berjiwa Sapta Marga, agar memiliki keterampilan dibidan perawatan kesehatan lapangan.

  3. Tingkat Tamtama

Susjurtawat Keslap  Adalah pendidikan untuk mendidik dan mengembangkan kemampuan Tamtama Kesehatan TNI AD agar memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga pengetahuan dan keterampilan di bidang perawatan kesehatan lapangan serta memiliki kondisi jasmani yang samapta untuk mendukung pelaksanaan tugas.

2.       Pendidikan Non Program

          Merupakan Pendidikan Titipan dari instansti Lain yang dilaksanakan di Pusdikkes Kodiklat TNI AD, baik yang berasal dari instansi militer maupun sipil

a.       Dari Instansi Militer

1)       Susfungbintal

2)       Suspabintal

3)       Suspapen

4)       Suspatalidjuang

5)       Suspapen

6)       Susbapen

7)       Susba Banroh

8)       Susbatalidjuang

9)       Susba Kameramen

10)     Spesialisasi Kesehatan Kopasus, yang merupakan program dari Kopasus TNI AD yang pelaksanaannya dipisahkan dalam tahap Spes Dasar kes Kopasus, Spes Madya kes Kopasus, spes utama kes Kopasus.

11)     Spesialisasi MADYA KESEHATAN MARINIR, merupakan program kerja Korp Marinir TNI AL yang dilaksanakan tahun 1992/1993.

12)     Penataran ATLS dan BTLS program Puskes

TNI dan program Ditkesad.

b.       Dari Instansi Sipil

1)       Pelatihan Dasar bela Negara .

                        2)       Pelatihan Longmalap dan Longdarlap